Perhoti  Babel Dorong  Mahasiswa Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Budidaya Holtikultura

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Perhimpunan Holtikultura  Indonesia  (Perhoti)  Komisariat Daerah Bangka Belitung   mendorong mahasiswa menanam tanaman Holtikultura di pekarangan rumah. Budaya menanam ini perlu ditumbuhkan keoada generasi muda untuk dapat mendesign keterlibatan masyarakat menjaga ketahana  pangan keluarga.

Hal itu disampaikan Ketua Perhimpunan Holtikultura  Indonesia (Indonesia)  Komisariat Daerah Bangka Belitung   Dr. Tri lestari usai mengunjungi Perkebunan modern bersama mahasiswa di Desa Baskara Bakti, Bangka Tengah, Bangka Belitung

Menurutnya  kampanye ini perlu dilakukan untuk memanfaatkan lahan kosong diperkarangan rumah agar lebih baik.

Adapun tanaman hortikultura terdiri dari sayur dan buah-buahan. Dia berharap upaya ini dapat mengurangi beberapa persen   kebutuhan sayur dan buah bagi warga Bangka Belitung.

“Dengan kita banyak menanam, sayur dan buah-buah seperti cabaik, sayuran hijau, ini akan memepermudah kita ditengah kenaikan harga pangan seperti saat ini dan juga untuk untuk menjaga ketahanan pangan keluarga.” Kata Tri Letari mengajak Mahasiswa Mengunjungi Perkebunan modern di Bangka Tengah Selasa (7/11/2023)

Tri Letari menjelaska  manfaat dari tanaman Holtikultura yaitu Selain produksi oksigen  semakin tinggi, lingkungan hidup semakin lebih baik.

“Manfaat perkebunan hortikultura  terutama buah-buah  lokal yg berpotensi dikembangkan di bangka dan ada hubungan timbal balik tanaman dengan lingkungan disekitarnya baik faktor abiotik dan biotik.” Ujarnya