Meskipun Kemarau Panjang Petani Di  Bangka Tengah Sukses Panen  Bawang Merah

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Meskipun kemarau panjang melanda di Sejumlah wilayah di Indonesia,  Petani di Jelutung  Bangka Tengah, Bangka Belitung  sukses panen  bawang merah. Satu kali panen  petani bisa mengahasilkan 1,5 ton bawang.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel Edi Romdhoni mengatakan panen raya ini dilakukan untuk mendorong produksi bawang di Bangka Belitung.

“Saat ini  produksi kita baru 2-3 persen, ini masih kita tingkatkan terus dengan mengoptimalkan petani bawang di Bangka Belitung bila perlu menurutnya dari 2 persen  kita akan tingkatkan jadi 4, 5,  dan 6, persen seperti daerah lain, dan bila perlu kita bisa ekspor bawang” Kata Edi  Senin(6/11/2023)

Dikatakan Edi melalui panen tersebut diharapkan mampu mendukung dan meningkatkan produksi bawang merah di Bangka Belitung, yang masih bergantung dengan pasokan dari luar daerah.

“Kemarin satu kelompok tani di Bangka Tengah sudah ditunjuk oleh Kementerian Pertanian sebagai penangkar benih dengan kontrak 1 juta bibit bawang merah. Nanti itu kelompok yang ditunjuk wajib menyediakan 1 juta bibit gratis untuk petani di Babel” jelasnya.

Sementara itu Petani Bawang Sarperi  mengatakan penen sempat mengalami penurunan karena, akibat diserang hama dan kekeringan

“Kesulitan kita  Pertama air,  dan serangan hama, untuk menyiram bawang ini kita memanfaatkan pompa air,   agar optimal,  terget kita kali ini panen 1,5 ton, dengan luas lahan setengah hektar” Ujarnya