Singapura dan Malaysia Berencana Menandatangani MOU Mengenai Zona Ekonomi Khusus Pada Awal Tahun 2024

Internasional

SINGAPURA, Actadiurma.id – Para pemimpin Singapura dan Malaysia melakukan diskusi yang sangat produktif dan substantif selama retret dua hari di sini, termasuk mengenai Zona Ekonomi Khusus Johor-Singapura, kata Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada hari Senin.

Kedua negara berencana menandatangani nota kesepahaman (MOU) untuk tahap proyek berikutnya pada 11 Januari 2024.

Zona tersebut bertujuan untuk meningkatkan arus barang dan manusia antara kedua sisi Causeway, dan meningkatkan ekosistem kawasan pengembangan Iskandar dan Singapura.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Istana, PM Lee mengatakan Retret Pemimpin Singapura-Malaysia ke-10 merupakan tonggak penting yang mencerminkan pentingnya hubungan bilateral dan kerja sama positif kedua negara untuk mewujudkan hal-hal nyata. manfaatnya bagi masyarakat mereka.

Datuk Seri Anwar tiba di Singapura pada hari Minggu untuk mengikuti retret tersebut, yang pertama antara dia dan PM Lee dan juga yang pertama sejak pandemi Covid-19.

Mengenai Zona Ekonomi Khusus Johor-Singapura, yang disebutnya sebagai “proyek substansial dan menjanjikan”, PM Lee mengatakan saat ini terdapat studi kelayakan untuk melihat apa yang kedua negara ingin proyek ini fokuskan, dan untuk melihat di mana ada minat. dari investor dan permintaan pasar.

Zona ini mungkin memerlukan pengaturan pajak khusus dan inisiatif lain untuk meningkatkan arus barang lintas batas, tambahnya.

Editor : Yossi Nurmansyah