Malaysia Akan Mencabut Subsidi Ayam Mulai 1 November

Internasional

KUALA LUMPUR, Actadiurma.id – Menteri Pertanian dan Ketahanan Pangan Malaysia mengatakan subsidi dan pengendalian harga ayam akan dihentikan mulai 1 November.

Namun subsidi telur grade A, B, dan C akan tetap berjalan sesuai mekanisme yang ada.

“Sejalan dengan pendekatan penargetan ulang subsidi secara bertahap, pemerintah telah sepakat bahwa subsidi dan pengendalian harga hanya untuk ayam akan dihentikan sepenuhnya mulai 1 November,” kata Datuk Seri Mohamad Sabu pada konferensi pers, Senin.

“Alasan penghentian subsidi ayam dalam jumlah besar adalah untuk mengurangi kebocoran subsidi yang saat ini juga dinikmati oleh asing dan kelompok berpenghasilan tinggi,” ujarnya.

“Dalam hal ini, pemerintah akan memastikan harga jual ayam tetap wajar,” ujarnya dalam jumpa pers di gedung Lembaga Pertubuhan Peladang (LPP) di sini.

Saat mengumumkan anggaran tahun 2024, Perdana Menteri Anwar Ibrahim mengumumkan bahwa pemerintah memutuskan untuk mencabut pengendalian harga ayam dan telur agar kekuatan pasar dapat menentukan harga.

Mohamad mengatakan keputusan untuk mempertahankan pengendalian harga dan subsidi telur diambil dengan mempertimbangkan biaya tambahan yang harus ditanggung konsumen.

Editor : Yossi Nurmansyah