Ekspor Mobil dari Karawang Jangkau Pasar Jepang, Brunei, dan Malaysia

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Kinerja ekspor mobil produksi Astra Daihatsu Motor (ADM) terus menunjukkan tren positif. Hingga September 2023, sebanyak 120.243 kendaraan telah berhasil dikirim ke pasar ekspor.

Direktur Corporate Planning & Marketing Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani mengungkapkan, capaian tersebut meningkat 7,7% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yang mencapai 111.669 unit.

Sejumlah mobil yang diekspor dari pabrik ADM di Karawang, Jawa Barat, antara lain Daihatsu Gran Max, Toyota TownLite/Ace, dan Mazda Bongo.

“Setiap negara memiliki peraturan dan standar berbeda mengenai kendaraan roda empat, seperti spesifikasi mesin dan emisi gas buang. “Untuk kendaraan yang diekspor, kami selalu mengikuti regulasi yang berlaku di masing-masing negara,” kata Sri Agung, Sabtu (28/10/2023).

Hingga saat ini produk Gran Max produksi Indonesia telah berhasil dijual di tiga negara yaitu Jepang, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

ADM juga mulai mengirimkan produk Toyota Townlite yang merupakan hasil kerjasama produksi dengan Toyota sejak 2008. Totalnya ada 15.226 unit.

Sebelumnya pada tahun 2022, Daihatsu berhasil memproduksi 562.000 unit mobil. Dari jumlah tersebut, 30% diekspor ke 82 negara.

Editor : Yossi Nurmansyah