Jorge Martin Berhasil Merebut Kemenangan MotoGP Thailand

Sport

MOTOGP, Actadiurma.id – Pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin, berhasil merebut kemenangan dalam balapan MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram pada Minggu (29/10/2023). Kemenangan ini pun menjaga asanya untuk merebut gelar dunia dengan tiga seri tersisa.

Start dari pole, Martin langsung memimpin, diikuti Luca Marini, Aleix Espargaro, Pecco Bagnaia, Alex Marquez, dan Brad Binder. Pada lap pembuka, Espargaro merebut posisi 2 dari Marini, sementara Binder menyalip Marquez untuk merebut posisi 6.

Pada lap yang sama, Binder juga menyalip Bagnaia dan merebut posisi 4, begitu pula Marquez yang menyalip untuk merebut posisi 5. Binder kemudian naik lagi ke posisi 3 usai menyalip Marini pada Lap 3. Pada Lap 4, Espargaro melakukan kesalahan dan disalip oleh Binder, Marini, dan Marquez sekaligus.

Dalam grand prix 26 lap yang strategis di mana kondisi ban sangat penting, Martin, Binder, dan Bagnaia terlibat dalam pertarungan sengit di lap terakhir untuk meraih kemenangan.

Setelah sempat kehilangan keunggulan pada lap ke-23, Martin bangkit kembali dengan Binder pada tur kedua dari belakang dan bertahan di lap terakhir untuk mencetak kemenangan grand prix keempatnya musim ini.

Binder harus menyerahkan posisi ke dua setelah melampaui batas lintasan pada lap terakhir, menurunkan posisinya di belakang Bagnaia – memberi pebalap pabrikan Ducati itu empat poin penting.

Editor : Yossi Nurmansyah