AS Menembak Jatuh Drone di Irak di Tengah Ketegangan Timur Tengah

Internasional

BAGDAD, Actadiurma.id – Perlawanan Islam di Irak mengatakan mereka melakukan serangan pesawat tak berawak, yang terjadi di dekat Pangkalan Udara al-Asad. Intersepsi ini terjadi ketika ketegangan meningkat antara AS dan milisi pro-Iran di Suriah dan Irak. Pasukan AS telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak di Irak, dekat tempat pasukan Amerika ditempatkan di bagian barat negara itu, pejabat Gedung Putih John Kirby mengonfirmasi pada hari Jumat.

Upaya serangan pesawat tak berawak tersebut menyusul serangan AS terhadap dua fasilitas militer di Suriah timur, yang digunakan oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dan kelompok afiliasinya, yang diklaim AS berada di balik lonjakan serangan yang menargetkan pasukan Amerika di wilayah tersebut.

Pasukan AS melancarkan serangan satu arah beberapa kilometer dari Pangkalan Udara Al-Assad, Irak, dan berhasil menembak jatuhnya tanpa insiden lebih lanjut, kata seorang pejabat pertahanan AS yang tidak mau disebutkan namanya kepada kantor berita AFP.

Milisi pro-Iran telah mengklaim lebih dari selusin serangan terhadap pangkalan-pangkalan AS di Irak dan Suriah sejak perang Israel-Hamas berkobar awal bulan ini.

Sebuah kelompok yang menamakan dirinya Perlawanan Islam di Irak – yang telah mengklaim banyak serangan baru-baru ini terhadap pasukan AS dan sekutu di Irak dan Suriah – mengatakan bahwa merekalah yang melakukan serangan tersebut

Pejabat AS itu juga mengatakan ada “serangan multi-roket” di Suriah pada hari Kamis terhadap pasukan Amerika dan pasukan lain dari koalisi internasional melawan kelompok jihad yang disebut Negara Islam (ISIS) . Tidak ada korban jiwa atau kerusakan infrastruktur, kata pejabat tersebut mengenai serangan itu.

Editor : Yossi Nurmansyah