Partai Berkuasa PDI-P Benarkan Perpisahan Gibran

Nasional

JAKARTA, Actdaiurma.id – Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo, telah resmi mengakhiri keanggotaannya di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang berkuasa dengan menjadi cawapres Prabowo Subianto, kata pengurus partai tersebut pada hari Jumat.

Selain itu, Gibran juga mengucapkan selamat tinggal kepada partai melalui Ketua DPR Puan Maharani, putri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“[Gibran] sudah berpamitan melalui Puan dalam pertemuan pribadi yang luas,” kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Jakarta.

Pernyataan tersebut muncul setelah beberapa kali upaya media untuk mendapatkan tanggapan langsung dari Gibran sendiri tidak membuahkan hasil.

Secara terpisah, Ketua Dewan Kehormatan PDI Perjuangan Komarudin Watubun menegaskan, ketika Gibran dan calon presiden Prabowo resmi mendaftar sebagai pasangan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 25 Oktober, hal itu harus dimaknai sebagai pengakuan de facto atas nama pasangannya. Kepergian Gibran dari pesta.

Keanggotaan Gibran di PDI-P berakhir ketika ia resmi terdaftar sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju. Dalam politik, lumrah jika ada individu yang berpindah partai atau pensiun, kata Komarudin dalam keterangannya.

Editor : Yossi Nurmansyah