Panglima Angkatan Darat Baru Janjikan Netralitas pada Pemilu Mendatang

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Staf Angkatan Darat yang baru diangkat, pada hari Jumat membuat komitmen tegas untuk menegakkan netralitas politik yang ketat selama pemilihan presiden mendatang.

Sejak lengsernya Presiden Soeharto yang sudah lama menjabat pada tahun 1998, Indonesia menganut pemerintahan sipil dengan melarang anggota aktif militer dan polisi berpartisipasi dalam pemilu, Negara ini juga telah membubarkan faksi militer di parlemen.

Agus menjabat Panglima Angkatan Darat hanya empat bulan sebelum pemilihan presiden. Dalam upacara serah terima tugas pendahulunya, Dudung Abdurachman, di Markas Besar Angkatan Darat di Jakarta, ia mengatakan, “Kami telah mengkomunikasikan kepada seluruh prajurit bahwa mereka harus menjaga sikap netral dan tidak mendukung calon tertentu.

Dua hari sebelumnya, setelah pelantikannya sebagai Panglima Angkatan Darat oleh Presiden, Agus mengumumkan bahwa militer akan membantu polisi dalam menjaga lebih dari 800.000 tempat pemungutan suara di seluruh negeri.

Editor : Yossi Nurmansyah