Hari Jadi Kota Toboali Resmi Ditetapkan, Jadi Kota Tertua di Babel

Lokal

BANGKA SELATAN, Actadiurma.id – Hari jadi kota Toboali yang merupakan ibu kota Kabupaten Bangka Selatan akhirnya resmi ditetapkan pada 25 oktober 1708.

Dengan demikian kota Toboali saat ini sudah berusia 315 tahun dan menjadi kota tertua di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penetapan hari jadi kota Toboali sebelumnya sudah melalui proses yang cukup panjang dengan menggali informasi dari berbagai sumber sejarah.

Penetapan hari jadi kota Toboali yang ke 315 tersebut langsung diperingati pertama kalinya melalui sidang Paripurna DPRD Bangka Selatan pada 25 Oktober 2023.

Ketua DPRD Bangka Selatan Erwin Asmadi mengatakan, Raperda penetapan hari jadi kota Toboali tersebut sudah ditetapkan menjadi Perda.

“DPRD Bangka Selatan memberikan apresiasi atas perjuangan seluruh pihak terkait dalam menggali informasi dari berbagai sumber sejarah sehingga hari jadi kota Toboali resmi ditetapkan,” Katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi mengatakan, Pemkab Bangka Selatan akan terus melakukan pembenahan wajah kota Toboali sebagai ibu kota Kabupaten.

“Diharapkan semua pihak dapat menjadikan momentum penetapan hari jadi kota Toboali sebagai salah satu hari penting bagi kabupaten Bangka Selatan agar menjadi lebih maju,” Ucapnya.