KPU Babel: Distribusi Kotak Suara Sudah Mencapai 20.647  Kotak

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Provinsi Bangka Belitung menyebutkan  pesdistribusian kotak suara berbahan karton kedap air  atau disebut kardus sudah mencapai 20.647 buah, ke seluruh KPU  Kabupaten Kota di Babel.

“Sekarang kita berproses melakukan persiapan, dalam hal ini pengadaan dan pendistribusian yang meliputi kotak suara sejumlah 20.647 buah bilik suara 16.464 buah tinta 8.832 botol segel 39.681 buah” kata Husin, Selasa (24/10/2023)

Dikatakan Husin untuk logistik pemilu yaitu  meliputi logistik utama dan pendukung, untuk logistik utama meliputi surat suara, sementara logistik pendukung kotak suara, bilik suara, tinta dan segel.

Husin menjelaskan, untuk pengadaan logistik Pemilu ini dilakukan oleh pihak penyedia yang telah melakukan serangkaian proses. Untuk pengadaan ini dilakukan perusahaan di Jakarta dan Tanggerang.

Ia memastikan, pengadaan kotak suara dan distribusinya sudah dilakukan. Terhitung Senin (23/10/2023) kemarin, KPU se-Babel sudah menerima kotak suara di gudang KPU masing-masing. 

Sementara logistik lainnya berupa bilik suara, saat ini berada di pelabuhan. Untuk Pulau Bangka di Pelabuhan Pangkalbalam dan di Pulau Belitung di Pelabuhan Tanjung Ruu ataupun Tanjungpandan. 

“Beberapa hari ini terlah selesai administrasi dari pihak pelabuhan mungkin dilakukan bongkar muat untuk distribusi. Artinya dari masing-masing pelabuhan akan bergerak melalui darat diantar ke masing-masing KPU di Bangka dan di Belitung” ujarnya.

Kemudian untuk logistik pendukung lainnya berupa tinta dan segel, hari ini setelah dilakukan monitoring dan evaluasi (Monev) bersama oleh KPU dan Bawaslu Babel, akan segera dilakukan pengiriman ke Babel. Dalam pendistribusian logistik pemilu ini juga melibatkan kepolisian untuk pengawasan.

“Dan KPU Babel nantinya akan melakukan pengiriman di KPU kabupaten kota di Babel. Dalam pendistribusian yang melibatkan kepolisian, kepolisian melakukan tugas yang melekat karena ini sangat penting kepolisian juga sudah menempatkan personel di kantor KPU, dan juga nantinya dibackup oleh TNI” Ujarnya