Kansar Pangkalpinang Susun Draft Rencana Kontijensi

Lokal

PANGKALPINANG, Actadiurma.id Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang gelar Rapat Koordinasi (RAKOR) penyusunan rencana kontinjensi kecelakaan kapal kandas dan evakuasi penumpang di alur pelayaran pangkalbalam.

Kegiatan tersebut diselenggarakan sejak tanggal 17 oktober 2023 hingga 1 November 2023. Dimana pada tanggal 17 oktober acara tersebut dibuka dan dilaksanakan penyusunan rencana kontinjensi terhadap kecelakan kapal kandas dan evakuasi penumpang di alur pelayaran pangkalbalam, kota pangkalpinang.

Kegiatan tersebut juga turut menghadirkan beberapa instansi vertikal dan stakeholder di Kep. Bangka Belitung yang memiliki keterkaitan tugas dan fungsi dalam rangka penanganan kecelakaan kapal kandas dan evakuasi penumpang di alur pelayaran pangkalbalam, kota pangkalpinang.

Dalam penyusunan rencana kontinjensi tersebut, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang bekerjasama dengan Analis Kebijakan Kantor Pusat Basarnas Bapak Abdullah Komaeny.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan penyusunan draft rencana kontijensi terhadap kecelakaan kapal kandas dan evakuasi penumpang di alur pelayaran pangkalbalam ialah untuk meningkatkan sinergitas dan solidaritas untuk Quick Action dalam memberikan Pelayanan Pencarian dan Pertolongan di Wilayah Kep. Bangka Belitung terutama pada alur pelayaran pangkalbalam.

Kegiatan tersebut akan berpuncak pada tanggal 1 November 2023, dimana para Pimpinan Tinggi masing-masing instansi yang diundang, akan menandatangi kesepakatan bersama terkait kerjasama dalam memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan di alur pelayaran pangkalbalam.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang Bapak I Made Oka Astawa, S.H., M.Si menuturkan..”Mudah-mudahan dari rakor ini bisa merumuskan setiap penanganan Basarnas dan melibatkan semua pihak, pada saat dibutuhkan, keberhasilan setiap operasi dan penanganan kapal kandas dipelayaran pangkalbalam juga merupakan bentuk solidaritas dari tiap-tiap instansi yang berkaitan dengan hal tersebut.”tutur Oka.