Presiden Xi Jinping Memuji Hubungan Tiongkok – Rusia Dalam Pertemuan dengan Putin

Internasional

TIONGKOK, Actadiurma.id – Presiden Tiongkok Xi Jinping pada hari Rabu memuji hubungan Tiongkok-Rusia ketika ia mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang berada di Beijing untuk menghadiri Forum Belt and Road untuk Kerja Sama Internasional (BRF) yang ketiga.

Rasa saling percaya politik antara kedua negara terus meningkat, katanya, seraya menambahkan bahwa kedua negara telah mempertahankan koordinasi strategis yang erat dan efektif. Volume perdagangan bilateral telah mencapai rekor tertinggi dalam sejarah dan mengalami kemajuan menuju target $200 miliar yang ditetapkan oleh kedua belah pihak, kata Xi Jinping

Mengingat bahwa mereka telah bertemu sebanyak 42 kali dalam dekade terakhir, Presiden tiongkok mengatakan kepada Putin bahwa mereka telah mengembangkan hubungan kerja yang baik dan persahabatan yang mendalam.

Presiden Tiongkok menekankan bahwa Putin telah menghadiri BRF tiga kali berturut-turut, yang menunjukkan dukungan Rusia terhadap Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI).

Xi Jinping memuji Rusia sebagai mitra penting seiring Tiongkok mengupayakan kerja sama Belt and Road internasional. Pengoperasian proyek infrastruktur besar seperti pipa gas alam rute timur Tiongkok-Rusia telah membawa manfaat nyata bagi masyarakat kedua negara.