Grand Prix Belgia Mengamankan Tempat Kalender Formula 1 Hingga 2025

Sport

BELGIA GRAND PRIX F1, Actadiurma.id – Grand Prix Belgia di Spa-Francorchamps akan tetap ada di kalender Formula 1 setidaknya hingga tahun 2025 setelah kontrak baru ditandatangani.

Kesepakatan itu merupakan perpanjangan satu tahun dari kesepakatan sirkuit sebelumnya, yang berlangsung hingga musim depan.

Spa populer di kalangan pengemudi dan penggemar karena reputasinya sebagai salah satu trek paling menuntut di dunia. Namun tempatnya di kalender terancam karena F1 menilai fasilitas sirkuit sudah ketinggalan zaman.

Pernyataan dari F1 yang mengumumkan kesepakatan baru tersebut menekankan “perkembangan infrastruktur yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir”.

Pihaknya menunjuk pada dua tribun baru yang memungkinkan peningkatan kapasitas 10.000 penonton, ditambah “berbagai macam hiburan untuk para penggemar sepanjang akhir pekan termasuk penambahan konser musik live”.

Pernyataan itu menambahkan bahwa jumlah penonton meningkat dari tahun 2022 ke 2023 sebanyak 20.000 menjadi total 380.000 penonton selama akhir pekan.

Namun, transportasi masuk dan keluar sirkuit masih menjadi masalah dan ini adalah area yang ingin ditingkatkan oleh F1. Lalu lintas menjadi masalah utama selama akhir pekan Grand Prix Belgia di jalan dengan akses terbatas di hutan Ardennes di sekitar sirkuit.

Editor : Yossi Nurmansyah