Di Tel Aviv Joe Biden Mencari Solusi Konflik Timur Tengah

Internasional

TEL AVIV ISRAEL, Actadiurma.id – Presiden Biden memiliki komitmen yang mendalam terhadap Israel. Tampaknya wajar baginya untuk terbang ke Tel Aviv untuk menunjukkan dukungannya dan memberikan pelukan publik kepada Netanyahu.

Biden berharap untuk menyeimbangkan hal tersebut pada pertemuan puncak yang direncanakan secara tergesa-gesa di Amman, ibu kota Yordania, di mana ia berencana untuk bertemu dengan raja Yordania, presiden Mesir, dan presiden Palestina.

Datang ke Tel Aviv merupakan pertaruhan bagi Presiden Biden. Dia ingin meringankan bencana kemanusiaan di Gaza, sambil mendukung upaya perang Israel – yang mungkin merupakan hal yang mustahil untuk disejajarkan dengan Netanyahu.

Namun kesepakatan muncul dari pertemuan mereka. Israel dijanjikan lebih banyak bantuan militer. Sebagai imbalannya, mereka setuju untuk membiarkan konvoi yang membawa makanan, air dan obat-obatan memasuki Gaza selatan dari Mesir. Rumah sakit sangat membutuhkan bahan bakar untuk generator mereka, namun ketika kesepakatan diumumkan, hal itu tidak disebutkan.

Editor : Yossi Nurmansyah