Mahfud Terpilih Sebagai Calon Wakil Ganjar di Pilpres Mendatang : Pilpres 2024

Nasional

JAKARTA, Actadiurma.id – Menteri Mohammad Mahfud MD secara resmi diumumkan sebagai calon wakil presiden Ganjar Pranowo pada hari Rabu, hanya empat bulan menjelang pemilu mendatang.

Megawati Soekarnoputri, ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang berkuasa, membuat pengumuman yang sangat dinantikan ini di kantor pusat partai di Jakarta, mengutip pengalaman luas Mahfud di ketiga cabang pemerintahan – legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

“Beliau juga dikenal sebagai seorang intelektual yang sangat disegani,” kata Megawati.

Mahfud, 66 tahun, mantan profesor hukum di Universitas Islam Indonesia (UII) di Jakarta, menjabat sebagai menteri pertahanan dan kemudian menjadi menteri kehakiman pada tahun 2000-2001 pada masa kepresidenan Abdurrahman Wahid. Pada tahun 2004, ia terpilih menjadi anggota DPR, dan empat tahun kemudian, ia menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi, jabatan yang dijabatnya hingga tahun 2013.

“Profesor Mahfud dikenal masyarakat sebagai pejuang supremasi hukum dan pembela masyarakat marginal. Beliau secara konsisten menjadi hakim yang adil dalam persaingan politik dan bisnis yang seringkali diwarnai dengan ketidakadilan. Kami mempercayakan kepadanya tugas untuk melakukan reformasi. sistem peradilan nasional untuk tujuan yang adil.”

Editor : Yossi Nurmansyah