BP Batam Tawarkan Beasiswa, Pelatihan Bagi Warga Rempang yang Direlokasi

Nasional

BATAM, Actadiurma.id – BP Batam menawarkan beasiswa dan pelatihan bagi warga Rempang yang pindah ke perumahan sementara untuk mendukung proyek eco-city Rempang.

Menurut perwakilan BP Batam Sudirman Saad, program pelatihan ini bertujuan untuk membekali masyarakat Rempang dengan keterampilan baru. “Jadi mereka tidak hanya akan pindah [ke tempat tinggal sementara], tapi mereka juga akan mendapat pelatihan,” kata Sudirman seperti dikutip dalam keterangan pers belum lama ini.

Pemerintah juga akan mendirikan pusat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di perumahan sementara tersebut. Para ibu rumah tangga dapat mengikuti kelas menjahit dan memasak. Nantinya mereka bisa menjual produk yang mereka buat, kata Sudirman.

Anak-anak juga dapat bersekolah di sekolah terdekat di daerah tersebut. Setelah mereka lulus SMA, mereka akan diberikan dua pilihan. Para siswa akan menerima pelatihan jika mereka ingin bekerja segera setelah lulus. Bagi yang ingin melanjutkan studi, pemerintah telah bermitra dengan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

“Jika mereka bisa diterima di perguruan tinggi di daerah lain seperti Pulau Jawa, pemerintah akan berusaha memberikan beasiswa kepada mereka,” kata Sudirman.

Editor : Yossi Nurmansyah/Tri Winardi