Indonesia Membantah Kabut Asap Tuduhan Surat Dari Malaysia

Nasional

Nasional, Actadiurma.id – Indonesia membantah pada hari Jumat bahwa kebakaran hutan dan gambut di pulau Sumatra dan Kalimantan menyebabkan kabut asap di Malaysia, setelah pemerintah tetangga mengirim surat yang mengeluh tentang kualitas udara dan meminta kedua negara untuk bekerja sama untuk menangani kebakaran.

“Sampai saat ini tidak ada kabut lintas batas. Tidak ada asap lintas batas. Saya tidak tahu dasar apa yang digunakan Malaysia untuk membuat pernyataan ini,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Siti Nurbaya Bakar kepada The Associated Press.

Kebakaran hutan dan gambut adalah masalah tahunan di Indonesia yang membuat tegang hubungan dengan negara-negara tetangga. Dalam beberapa tahun terakhir, asap dari kebakaran telah menyelimuti sebagian wilayah Indonesia, Singapura, Malaysia dan Thailand selatan.

Ada lebih dari 1.900 titik panas yang tercatat di Sumatera, sebagian besar di provinsi Sumatera Selatan, menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Indonesia. Pada hari Senin, pemerintah daerah di Sumatera Selatan meminta warga untuk bekerja dari rumah dan sekolah untuk online di tengah selimut kabut asap.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau akan berakhir di sebagian besar wilayah Indonesia mulai akhir Oktober ini, dan awal musim hujan secara bertahap dimulai awal November 2023

Editor : Yossi Nurmansyah