November Biden Rencanakan Pertemuan Dengan Xi Jinping China

Internasional

Internasional, Actadiurma.id – Gedung Putih membuat rencana untuk pertemuan tatap muka antara Presiden AS Joe Biden dan pemimpin China Xi Jinping di San Francisco bulan depan ketika kedua negara berusaha menstabilkan hubungan yang bermasalah

Hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia telah tegang dalam beberapa tahun terakhir karena sejumlah masalah termasuk Taiwan, asal-usul pandemi COVID-19, tuduhan mata-mata, masalah hak asasi manusia dan tarif perdagangan, antara lain.

Pertemuan itu akan mengikuti keterlibatan tingkat tinggi lainnya antara kedua negara dalam beberapa bulan terakhir yang telah melihat kunjungan dari pejabat AS ke China seperti Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Juni, Menteri Keuangan Janet Yellen pada Juli dan Menteri Perdagangan Gina Raimondo pada Agustus.

Baru-baru ini, Blinken bertemu dengan Wakil Presiden Tiongkok Han Zheng di New York dan penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di Malta.

Pertemuan terakhir Biden dan Xi adalah di sela-sela KTT G20 di Indonesia pada November 2022, yang merupakan pertemuan tatap muka pertama mereka sejak Biden menjadi presiden. Mereka sebelumnya memiliki lima pertukaran melalui telepon dan konferensi video setelah Biden menjabat

Editor : Yossi Nurmansyah