Serangan Bom Bunuh Diri di Ibu Kota Turki

Internasional

Internasional Turki, actadiurma.id – Tampak seorang polisi berjaga-jaga setelah kejadian bom bunuh diri di ibu kota turkey, sedikitnya polisi telah menahan 67 orang di seluruh Turki pada hari Selasa dalam penyisiran yang menargetkan orang-orang yang diduga terkait dengan militan Kurdi, beberapa hari setelah serangan bom bunuh diri di ibukota Turki.

Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya mengatakan polisi melakukan penggerebekan di 16 provinsi Turki, menahan 55 orang yang dicurigai sebagai bagian dari “struktur intelijen” Partai Pekerja Kurdistan yang dilarang, atau PKK. Setidaknya 12 tersangka anggota PKK lainnya ditangkap dalam operasi terpisah di lima provinsi, tulis Yerlikaya di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Pembom bunuh diri meledakkan alat peledak di dekat pintu masuk ke Kementerian Dalam Negeri beberapa jam sebelum Presiden Recep Tayyip Erdogan dijadwalkan untuk berpidato di Parlemen ketika kembali dari reses musim panas. Calon pembom kedua tewas dalam baku tembak dengan polisi.

Dua petugas polisi terluka ringan dalam serangan itu. Para tersangka tiba di tempat kejadian di dalam kendaraan yang mereka sita dari seorang dokter hewan di Turki tengah Kayseri setelah menembaknya di kepala, kata para pejabat.

Editor : Yossi Nurmansyah