KKN IAIN SAS Gelar Festival Layangan Desa Ibul

Hiburan & Teknologi Lokal

BELITUNG, Actadiurma.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata IAIN SAS (Syeikh Abdurrahman Siddik) Babel kelompok 04 mengadakan festival layangan Yang bertempat dilapangan bola desa Ibul, kecamatan Badau, Belitung, Jumat 29 September 2023.

Dalam sambutannya mewakili kepala desa Ibul yang berhalangan hadir, kepala dusun Bukit Ibul, Mursita mengungkapkan apresiasinya terhadap kreatifitas mahasiswa KKN yang telah membantu menyemarakkan desa dengan berbagai aktifitas bermanfaat.

“Melalui kegiatan ini beliau (Kades Ibul) sangat berterimakasih yang sangat luar biasa kepada mahasiswa KKN, karena tentu agenda fetival ini perdana hadir di tempat Kami” ujar Mursita pada sambutannya.

Sementara ketua pelaksana kegiatan, Syahril Sidiq dalam sambutannya menyebutkan bahwa agenda festival layangan ini merupakan salah satu program kerja (proker) unggulan kelompok sehingga membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra untuk persiapannya.

“Berharap penuh melalui agenda besar ini bukan  hanya lahir dan berakhir pada saat ini saja , melainkan terus dilanjutkan di setiap tahun kedepannya, karena berangkat dari letak geografis yang kaya akan udara anginnya Dan juga menjadi pendorong untuk desa bisa mengembangkan  pariwisata – pariwisata dan ekonomi desa ibul ini khususnya”. kata Syahril.

Kegiatan festival layangan yang diikuti oleh 14 peserta ini nampak mendapat respon positif dari masyarakat setempat yang penuh antusias mendatangi lokasi pelaksanaan.

Meskipun hanya bertajuk festival tingkat desa, sistem penjurian tetap dilakukan secara transparan dengan melibatkan dinas Pariwisata kabupaten Belitung yang memiliki kompetensi dan sudah berpengalaman menjadi juri kegiatan serupa.

Mekanisme pertandingan yang diatur oleh juri dan korlap, dimana ada dua pase, dimulai dengan babak fase grup dan babak Grand Final. 1 kali penerbangan pada satu grup diikuti oleh 3 hingga 4 layangan dan diambil pemenang 1 dan 2 layangan menuju ke babak Grand Final.

Setelah terpilih 4 peserta terbaik yang berhak mengikuti babak Grand Final, perlombaan dilanjutkan untuk hingga ditentukan juara 1. 2, dan 3.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi pemenang. Hadiah diserahkan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Badau, perwakilan Dinas Pariwisata Belitung, dan Kepala Desa Ibul.

Editor : Yossi Nurmansyah/Tri Winardi