Kim Jong Un Menyatakan Roket Korea Utara Sebagai Kekuatan Nuklir Dunia

Internasional

Internasional – ActaDiurma.id Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah menyerukan peningkatan kemampuan senjata nuklir negaranya, menurut laporan media pemerintah dari Pyongyang. Berbicara pada sidang parlemen Korea Utara, Kim menuntut peningkatan “eksponensial” dalam produksi senjata atom modern, dan menyatakan negara tersebut sebagai negara dengan kekuatan nuklir. Sesi ini juga mengabadikan status senjata nuklir Korea Utara dalam konstitusi negara tersebut, menyusul deklarasi Kim tahun lalu bahwa negara tersebut adalah negara nuklir yang “tidak dapat diubah”.

Kim mengatakan senjata nuklir diperlukan untuk melawan ancaman nyata yang ditimbulkan oleh Amerika Serikat dan sekutunya. Dia menggambarkan peningkatan kerja sama keamanan trilateral antara Washington, Seoul dan Tokyo sebagai “ancaman aktual terburuk” dan “NATO versi Asia.”

Kim menekankan perlunya “mempercepat modernisasi senjata nuklir” dan meningkatkan produksinya. Parlemen dengan suara bulat menyetujui penambahan bahasa pada konstitusi yang bertujuan untuk melindungi kemampuan senjata nuklir negara tersebut. Para ahli mengatakan hal ini secara signifikan mengurangi prospek keberhasilan perundingan denuklirisasi

Editor : ActaDiurma.id