Tingkatkan Debit Air, Sungai Puput Mentok Dinormalisasi

Lokal

BANGKA BARAT, ActaDiurma.id – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Sejiran Setason melakukan normalisasi Sungai Puput, Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat mulai Kamis (28/9/2023).

Direktur Utama (Dirut) Perumdam Sejiran Setason, Najamuddin mengatakan tujuan dari normalisasi Sungai Puput ini untuk meningkatkan debit air. Hal ini dilakukan menyusul kemarau panjang yang melanda Kecamatan Mentok dalam beberapa hari terakhir.

“Jadi, penangkap air ini kan terlalu kecil untuk menampung air, jadi jam operasional hanya 5 jam. Tujuannya dengan memperluas bak penampung jam operasional lebih panjang. Diperkirakan kalau sudah dinormalisasi bisa debit air itu 25 liter per detik, sebelumnya hanya 15 sampai 16 liter per detik,” kata Najamuddin.

Najamuddin menambahkan, setelah normalisasi titik penangkap air rampung. Rencananya normalisasi akan dilakukan kembali di titik hulu Sungai Puput Mentok. Sedangkan untuk waktu pengerjaan ini diperkirakan Najamuddin selama dua hari.

“Rencana ini yang dilakukan (normalisasi) di daerah penangkap air dulu. Sesuai dengan arahan Wakil Bupati normalisasi yang dilakukan sepanjang 50 meter, lebar 10 meter dan kedalaman 2 meter. Hari ini dilakukan normalisasi dahulu di samping Sungai Puput, nanti sudah itu dilanjutkan di Hulu titik airnya,” ujarnya

editor : Yossi Nurmansyah/Tri Winardi