3 ABK Kapal Kayu Berhasil di Temukan Tim SAR Gabungan

Lokal

MENTOK, ActaDiurma.id – Memasuki hari ke 2 Pencarian, Ketiga ABK kapal kayu yang sebelumnya dikabarkan hilang, berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan.

Ketiga ABK yang sebelumnya hilang bersama Ponton yang sedang mereka perbaiki, berhasil ditemukan dalam keadaan selamat disekitaran area pencarian yang berjarak 1,8 KM dari lokasi kejadian yang sebelumnya hilang.

Mereka bertiga berhasil ditemukan dalam keadaan selamat oleh Tim SAR Gabungan yang dibantu oleh nelayan, yang pada pukul 09.34 WIB sedang melintas disekitaran tempat mereka ditemukan.

Tim Unit Siaga SAR Mentok dibantu Direktorat Polairud Polda Babel, Polair Bangka Barat, TNI AL Mentok, Fourtynine Diving Club, BPBD Kab. Bangka Barat dan Nelayan setempat bergegas menuju Lokasi penemuan korban lalu mengevakuasi ketiga nelayan tersebut.

Sebelumnya, pada tanggal 26 september 2023 pukul 19.00 WIB mereka sedang melakukan perbaikan terhadap Ponton yang mereka tarik yang mengalami kerusakan di sekitaran Peraian Tembelo dengan melakukan Lego Jangkar. Dikarenakan kurangnya alat dalam memperbaiki ponton lalu kapal kayu yang menarik ponton meninggalkan ketiga ABK dan kembali menuju pelabuhan mentok untuk mengambil alat.

Saat pemilik ponton Bapak Risma kembali ke lokasi ponton lego jangkar pada keesokan paginya, ponton dan ketiga ABK sudah tidak berada lagi ditempat dan pemilik ponton berusaha melakukan pencarian hingga sore hari, namun hasilnya nihil.

Pukul 16.06 WIB Bapak Firdaus selaku Himpunan Nelayan mentok yang mengetahui kejadian tersebut melaporkan kejadian ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang.

Dengan berhasil ditemukannya ketiga ABK Kapal Kayu yang sebelumnya dinyatakan hilang, maka operasi SAR Gabungan terhadap ketiga ABK resmi dinyatakan ditutup.

I Made Oka Astawa selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang mengucapkan “Kami berterima kasih yang sebesar-besarnya atas sinergitas dan kerjasama kepada beberapa stakeholder dan Potensi SAR yang telah membantu dalam proses pencarian terhadap ketiga ABK Kapal Kayu yang sebelumnya dinyatakan hilang, dengan berhasilnya ditemukan korban dalam keadaan selamat, maka operasi SAR Gabungan resmi ditutup ” ungkapnya lagi di Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang